Kamus Besar Bahasa Indonesia Dalam Jaringan; Sepatah dua patah kata.

/ Rabu, 03 Maret 2010 /

Akhirnya, setelah mendapatkan izin dan selesai mengutak-atik script. Dengan bangga saya persembahkan:




Tidak ada yang mewah dari kamus dalam jaringan (on-line) ini, karena seperti kamus-kamus dalam jaringan lain, kamus ini hanya dapat digunakan melalui internet aktif (bukan off-line). Tapi bagi kita para pengguna internet aktif, saya rasa bukan sebuah hal yang menyulitkan dalam penggunaan.

 
Tujuan dari keberadaan elemen halaman (widget) ini adalah untuk tetap melestarikan penggunaan bahasa indonesia sebagai bahasa ibu masyarakat indonesia. Sebuah harapan utopis, dan memang sebuah harapan harus utopis, yang muncul saat melihat adanya degradasi dalam penggunaan bahasa.

 
Saya tidak akan memperdebatkan bahwa bahasa terbuka dan konsensus penggunaan bahasa tidak bisa dipenjarakan pada satu ketentuan saja, tapi lebih merujuk kepada bahwa dengan penggunaan bahasa yang sama, bahasa indonesia, kita akan dapat mempererat kebhinekaan diantara masyarakat Indonesia. Sama halnya dengan tujuan para pendiri bangsa dulu, ketika menyepakati penggunaan bahasa indonesia sebagai bahasa bangsa.

 
Bahasa dalam penggunaannya sehari hari, memang tidak bisa lepas dari bahasa indonesia, tapi dilain pihak bahasa yang digunakan bukan seutuhnya bahasa indonesia. Hal ini dapat kita rasakan dari penggunaan bahasa asing, bahasa daerah, bahasa slang, sampai dengan bahasa-bahasa gaul dalam perbendaharaan bahasa kita sehari-hari. Dari pojok-pojok warung sampai dengan gedung-gedung bertingkat atau dari tampilan di televisi sampai dengan pinggiran Blog kita, semua dihiasi bahasa yang bukan seutuhnya bahasa indonesia yang baik dan benar.

 
Saya rasa, kondisi itu bukan permasalahan, selama kita masih mengerti dan paham bahasa yang digunakan. Namun, hal itu juga memberikan arti bahwa tidak semua orang juga akan paham bukan? Dalam konteks inilah, maka penggunaan bahasa Indonesia menjadi penting artinya. Karena bahasa indonesia tidak hanya sebagai sebuah kesepakatan bersama, namun juga telah diajarkan luas dan dipelajari oleh setiap masyarakat Indonesia, sehingga sangat mungkin telah dikenal luas. Karena lebih banyak orang yang paham dan mengerti bahasa ini, maka sudah sewajarnya bahasa ini lah yang, harus, digunakan.

 
Membuat semua orang berbahasa indonesia yang baik dan benar, mungkin hal mustahil. Tapi menjaga bahasa itu agar tetap diingat dan tetap menjadi acuan dalam berbahasa, menurut saya, suatu hal yang tidak mustahil. Elemen halaman ini, muncul dan ambil bagian dalam proses tersebut.

 
Setidaknya dengan memasang elemen halaman ini di web ataupun blog kita, kita dapat mengingat jati diri kita sebenarnya. Akan tetapi, tidak hanya itu saja, dalam tampilannya, saya pun mengutip kebudayaan-kebudayaan Indonesia yang begitu kayanya. Untuk versi awal, saya akan menampilkan versi batik nitik brendi dari Jogjakarta dan batik sidoluhur dari Solo. Semoga nantinya akan banyak kebudayaan yang tertuang dalam elemen halaman KBBI-dalam jaringan ini, karena dapat merefleksikan eksistensi budaya dimana kita dilahirkan dalam sebuah kesatuan Indonesia.

 
Saya sangat berharap elemen halaman ini akan sangat berguna nantinya dan anda bisa mendapatkannya disini

Salam, Sapere Aude.

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih telah membaca tulisan saya yang sederhana ini, dan mungkin sangat jauh dari harapan sobat-sobat sekalian. Oleh karena itu; luangkanlah waktu sejenak untuk memberi sedikit pesan, kesan dan kritik terhadap tulisan saya. Agar saya bisa selalu belajar untuk lebih baik.

Anda juga dapat mengunjungi Sapere Aude™ untuk membaca melalui telepon genggam.


Sapere Aude!

Membaca Blog

Kunjungi Sapere Aude™ untuk membaca melalui telepon genggam
(Ketahui lebih lanjut!)

Bacaan bagus

Madilog
The Alchemist
Terbunuhnya Seorang Profesor Posmo
Sophie's World
The Solitaire Mystery
Vita Brevis: A Letter to St Augustine
Maya
Rethinking Islam: Common Questions, Uncommon Answers


Nenowasian's favorite books »
}

Partisan Blog

Risalah Blog

Pengunjung Blog

 
Hak Guna © 2012 Sapere Aude, Semua Hak Dilindungi Undang-Undang
Desain oleh DZignine. Didukung Oleh Blogger I Masuk